Ahli Gizi Ungkap 40 Makanan Berserat Tinggi yang Sebaiknya Dikonsumsi Setiap Hari

Senin 10-06-2024,10:00 WIB
Reporter : Jihan Meiby
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Penelitian menunjukkan serat sangat penting agar tubuh Anda berfungsi dengan baik sehingga layak mendapat perhatian yang sama seperti mikronutrien lainnya.

Hal itu karena makanan berserat tinggi tidak hanya memberi makan bakteri usus Anda, meningkatkan pencernaan serat juga membantu tubuh Anda untuk membakar lemak dengan mengontrol kadar gula darah Anda, mengurangi pelepasan hormon kelaparan ghrelin dan membantu mengekang keinginan makan gula.

Serat juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. 'Serat adalah salah satu nutrisi terpenting,' kata Nancy Farrell Allen, ahli diet terdaftar dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics. 'Ini membantu melindungi terhadap penyakit tertentu seperti diabetes, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa bentuk kanker.

Ini juga berperan dalam pengelolaan berat badan dan diperlukan untuk eliminasi dan kesehatan pencernaan yang baik.’

BACA JUGA:5 Kamera Polaroid untuk Mengabadikan Momen Spesial, Punya Kualitas Foto yang Luar Biasa!

Pola makan kaya serat juga dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mental dengan mengurangi kejadian depresi dan kecemasan, kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol dan kesehatan kekebalan tubuh.

Menurut British Nutrition Foundation, produsen dapat secara sukarela mengklaim makanan sebagai 'sumber serat' jika makanan tersebut mengandung setidaknya 3 gram serat per 100 gram atau setidaknya 1,5 gram serat per 100 kkal.

Agar makanan diberi label 'tinggi serat', makanan tersebut harus mengandung setidaknya 6 gram serat per 100 gram atau setidaknya 3 gram serat per 100 kkal.

"Tetapi makanan [kaya nutrisi] yang berada di bawah ambang batas tersebut masih baik untuk dimasukkan,” kata ahli diet terdaftar Marisa Moore.

BACA JUGA:Waspada! Tanda Intoleransi pada Gula Ini Bisa Kamu Rasakan Secara Tidak Sadar

Ingat, variasi adalah kunci dari pola makan yang sehat dan tinggi serat yang juga memenuhi segala kebutuhan tubuh Anda agar dapat berfungsi secara optimal.

Makanan berserat tinggi untuk ditambahkan ke diet Anda

Dilansir dari laman womenshealthmag, berikut 5 makanan berserat tinggi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan:

1. Jambu biji

Buah tropis yang lezat ini mengandung 9 gram serat, dan penelitian menemukan bahwa jambu biji menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan resistensi insulin, kata Farrell Allen. Lain kali Anda melihat nektar jambu biji di supermarket, belilah beberapa agar Anda bisa menyiapkan mocktail jambu margarita.

Kategori :

Terpopuler