Segini Takaran Minum Air Putih yang Benar Setiap Hari Jika Ingin Turunkan Berat Badan

Segini Takaran Minum Air Putih yang Benar Setiap Hari Jika Ingin Turunkan Berat Badan

Khasiat Minum Air Putih Setiap Hari-rawpixel.com-Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Minum air putih benar-benar dapat membantu upaya penurunan berat badan setiap harinya.

Ahli diet terdaftar dan spesialis bersertifikat dalam dietetika olahraga, Amy Goodson baru-baru ini berbagi banyak informasi tentang khasiat minur air putih.

“Minum air memang bermanfaat untuk membantu rasa kenyang, tapi itu bukan penyebab langsung penurunan berat badan,” kata Amy Goodson, dikutip dari laman NYpost.

Bahkan meminum air putih dapat membantu rasa kenyang yang lebih lama.

BACA JUGA:Perbedaan Hair Mask dan Creambath: Solusi Ampuh untuk Masalah Rambutmu!

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Wageningen di Belanda menunjukkan bahwa peserta yang meminum milkshake diikuti dengan banyak air akan merasa kenyang lebih cepat dibandingkan mereka yang hanya minum sedikit air.

Sederhananya, air putih sebelum atau sesudah makan dapat membantu Anda kenyang, dan dapat menyebabkan kebiasaan makan dalam porsi kecil.

Air putih juga bermanfaat karena dapat mengalihkan perhatian kita dari minuman lain yang kurang sehat seperti soda dan minuman berenergi.

“[Air putih] dapat berkontribusi pada pembakaran kalori selama berolahraga," ucap Amy Goodson.

BACA JUGA:Rutin Minum Air Lemon Terbukti Turunkan Berat Badan, Lemak Perlahan Hilang!

"Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan dan individu bergerak lebih lambat saat berolahraga,” sambungnya.

Akan tetapi berapa banyak air per hari untuk satu orang? Itu semua tergantung pada Anda.

“Meskipun ada aturan lama yang menyatakan bahwa Anda harus minum delapan gelas air, kenyataannya banyak faktor yang mempengaruhi berapa banyak air yang Anda butuhkan, termasuk usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, dan kesehatan secara keseluruhan,” tutur Amy Goodson.

“Untuk perempuan, jumlah total air putihnya sekitar 11,5 gelas per hari, dan untuk laki-laki sekitar 15,5 gelas. Namun perkiraan ini mencakup cairan yang dikonsumsi dari makanan dan minuman, termasuk air. Anda biasanya mendapatkan sekitar 20% air yang Anda butuhkan dari makanan yang Anda makan (buah, sayuran, sup, dll.). Dengan mempertimbangkan hal tersebut, wanita membutuhkan sekitar sembilan gelas cairan per hari dan pria sekitar 13 gelas untuk membantu mengisi kembali jumlah air yang hilang," tambahnya.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya