Panel Surya: Solusi Energi Terbarukan yang Berkelanjutan

Panel Surya: Solusi Energi Terbarukan yang Berkelanjutan

Panel Surya--Image by Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Di tengah kekhawatiran akan perubahan iklim dan krisis energi, panel surya atau solar panel menjadi solusi yang kian populer.

Panel surya memanfaatkan energi matahari untuk menghasilkan listrik, menjadikannya sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Manfaat Panel Surya bagi Lingkungan

Panel surya tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca seperti CO2, yang berkontribusi terhadap pemanasan global. Serta panel surya juga tidak memerlukan bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak bumi, yang merupakan sumber daya alam yang terbatas.

BACA JUGA:Honor KPPS Rp115 Juta Dibawa Kabur, Semua Uangnya Ludes Buat Judol!

Panel surya tidak menghasilkan polusi udara seperti asap dan debu, yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Penggunaan panel surya dapat membantu meningkatkan kemandirian energi suatu negara dan mengurangi ketergantungan pada impor energi.

Serta penggunaan panel surya dapat membantu meningkatkan kualitas udara dengan mengurangi polusi dari emisi gas buang.

Contoh Penerapan Panel Surya

Semakin hari semakin banyak gedung yang menggunakan panel surya untuk memenuhi kebutuhan energinya. Contohnya, Graha BIP di Bandung dan Menara BCA di Jakarta.

BACA JUGA:Campuran Tolak Angin dan Segelas Teh Hangat, Ramuan Obat Alami yang Cepat Usir Masuk Angin!

Panel surya juga dapat dipasang di rumah-rumah untuk menghasilkan listrik mandiri. Contohnya, perumahan Green Terra Residence di Tangerang dan Perumahan The Green Lake View di Jakarta.

Biaya Pemasangan Panel Surya

Biaya pemasangan panel surya bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti kapasitas panel surya, merek panel surya, dan juga perusahaan pemasang panel surya. Semakin besar kapasitas panel surya, semakin mahal biayanya. Begitupun panel surya yang terkenal biasanya lebih mahal.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya