Tiongkok Lancarkan Serangan Rudal Tiruan ke Taiwan?

Tiongkok Lancarkan Serangan Rudal Tiruan ke Taiwan?

Tiongkok Melancarkan Serangan Rudal Tiruan Terhadap Taiwan? Dalam Sebuah Latihan Bersama-wirestock-freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Tiongkok melancarkan serangan rudal tiruan dan mengirim pesawat pembom yang membawa rudal aktif pada hari Jumat dalam latihan dua hari di Taiwan, kata televisi pemerintah CCTV, dalam latihan yang menurut Beijing dilakukan untuk menghukum presiden baru Taiwan , Lai Ching-te.

Para pembom tersebut membentuk beberapa formasi serangan di perairan timur Taiwan, melakukan serangan tiruan dengan berkoordinasi dengan kapal angkatan laut, tambahnya, ketika Tiongkok menguji kemampuannya untuk “merebut kekuasaan” dan mengendalikan wilayah-wilayah utama Taiwan.

Latihan dua hari di Selat Taiwan dan di sekitar gugusan pulau yang dikuasai Taiwan di dekat pantai Tiongkok, yang menurut seorang pejabat Taiwan juga mencakup pemboman tiruan terhadap kapal asing, dimulai hanya tiga hari setelah Lai menjabat pada hari Senin. Taiwan mengutuk tindakan Tiongkok.

BACA JUGA:Wow! Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian Kompak Turun Drastis Hari Ini, Jumat 24 Mei 2024

Tiongkok memandang Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri dan mengecam Lai sebagai “separatis”.

Mereka mengkritik keras pidato pelantikannya, di mana ia mendesak Beijing untuk menghentikan ancamannya dan mengatakan kedua sisi selat itu “tidak saling tunduk”.

Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa latihan tersebut, yang dijuluki “Pedang Bersama – 2024A”, adalah untuk “menguji kemampuan untuk bersama-sama merebut kekuasaan, melancarkan serangan bersama dan menduduki wilayah-wilayah penting.”

Seorang pejabat senior keamanan Taiwan mengatakan kepada Reuters bahwa beberapa pembom Tiongkok melakukan serangan tiruan terhadap kapal asing di dekat ujung timur Selat Bashi, yang memisahkan Taiwan dari Filipina, mempraktikkan cara merebut “kendali total” atas wilayah di sebelah barat rangkaian pulau pertama.

Rangkaian pulau pertama mengacu pada wilayah yang terbentang dari Jepang melalui Taiwan, Filipina, dan Kalimantan, yang meliputi lautan pesisir Tiongkok.

BACA JUGA:Sebelum Gimmick Tunangan Terjadi, Sitha Marino Sudah Minta Izin Keluarga dan Mama Bastian Steel

Pejabat tersebut, yang berbicara secara anonim mengingat sensitifnya situasi ini, mengatakan beberapa kapal penjaga pantai Tiongkok juga melakukan latihan “pelecehan” di lepas pantai timur Taiwan, termasuk inspeksi tiruan terhadap kapal sipil.

Penjaga Pantai Tiongkok mengatakan mereka telah melakukan “latihan penegakan hukum” di perairan timur Taiwan pada hari Jumat, dengan fokus pada pelatihan verifikasi dan identifikasi, peringatan dan penolakan.

Kapal Tiongkok Nantong melakukan patroli kesiapan tempur dan misi latihan praktis di Selat Taiwan, dengan kapal Taiwan Zheng He mengikuti 0,6 mil laut di belakangnya, kata stasiun penyiaran pemerintah Tiongkok, CCTV.

Seorang petugas hubungan masyarakat Armada ke-7 Angkatan Laut AS mengatakan pihaknya memperhatikan “semua aktivitas” di Indo-Pasifik dan mengambil tanggung jawab “sangat serius” untuk mencegah agresi di wilayah tersebut.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya