Mau Menabung Tapi Masih Berstatus Pelajar? Tenang Ada Tipsnya!

Mau Menabung Tapi Masih Berstatus Pelajar? Tenang Ada Tipsnya!

cara menabung ala pelajar-Ilustrasi-Istimewa

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Menabung adalah hal penting yang sebaiknya mulai dibangun sejak dini, termasuk saat masih berstatus pelajar.

Namun, sebenarnya menabung dengan status pelajar bukanlah hal yang mustahil, sebab dengan strategi yang tepat, kamu bisa mulai mengumpulkan tabungan.

Ingin tahu bagaimana caranya? Tenang, berikut ini ada beberapa tips praktis yang bisa membantumu!

BACA JUGA:5 Ramalan Bintang Scorpio, Hari Ini Kamis 6 Juni 2024

1. Tentukan Tujuan Menabung dan Membuat Target Tabungan

Sebelum mulai menabung, penting untuk menetapkan tujuan dan target tabungan yang jelas, sebab dengan mengetahui tujuan dan target ini, kamu akan lebih termotivasi untuk menyisihkan uang secara rutin.

Pastikan target tabungan yang kamu tetapkan realistis dan bisa dicapai, misalnya, kalau kamu ingin membeli handphone baru, ketahui terlebih dahulu harga handphone tersebut agar kamu bisa menetapkan jumlah tabungan yang perlu dicapai.

Kebanyakan orang yang tidak menetapkan tujuan dan target sering kali tidak konsisten dalam menabung dan cenderung malas menyisihkan uang di kemudian hari, oleh karena itu, memiliki tujuan yang kuat bisa menjadi dorongan yang penting untuk menjaga konsistensi dan semangat dalam mencapai tujuan keuangan yang telah ditetapkan.

BACA JUGA:Furnitur Kayu Berjamur? Ini Dia Cara Mengatasinya dengan Mudah dan Efektif!

2. Membuat Anggaran Pengeluaran

Susunlah anggaran yang mencakup kebutuhan sehari-hari seperti makanan, transportasi dan perlengkapan sekolah, karena dengan memiliki anggaran yang jelas, kamu bisa lebih mudah mengontrol pengeluaran dan memastikan bahwa uang yang dimiliki digunakan dengan bijaksana.

Pastikan untuk memasukkan semua kebutuhan pokok ke dalam anggaran sehingga tidak ada pengeluaran yang terlewat ya.

Hal ini juga memungkinkan untuk melihat berapa banyak uang yang tersisa setelah kebutuhan utama terpenuhi, yang kemudian bisa dialokasikan untuk hal lain atau untuk tabungan.

BACA JUGA:Cuaca di Jabodetabek Hari Ini, Kamis 6 Juni 2024 Menurut BMKG: Apakah Akan Cerah atau Hujan?

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya