5 Khasiat Buah Manggis untuk Kesehatan Manusia

5 Khasiat Buah Manggis untuk Kesehatan Manusia

5 Khasiat Buah Manggis untuk Kesehatan Manusia-topntp26-Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Buah manggis, atau secara ilmiah dikenal dengan nama Gracinia Mangostana, merupakan Buah yang tumbuh di daerah tropis, termasuk Indonesia.

Buah ini terkenal karena memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa.

Menurut informasi dari laman Verywell Health dan sumber lainnya pada Minggu 24 Juni 2024.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang dimiliki oleh buah manggis:

BACA JUGA:Siap-siap Guys! Yura Yunita, Nadin Amizah, dan Salma Salsabil Manggung di Senayan Park, Cek Harga Tiketnya

1. Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak manggis dapat membantu mengubah komposisi tubuh seseorang. Dalam sebuah uji klinis, orang yang mengonsumsi suplemen baru yang mengandung ekstrak manggis dan Sphaeranthus indicus mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Selain itu, peserta yang mengonsumsi suplemen ini juga melihat perubahan pada komposisi tubuh mereka, terutama dalam pengurangan lingkar pinggang. Meskipun demikian, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan apakah perubahan ini disebabkan oleh ekstrak manggis atau faktor lain.

2. Mengobati Penyakit Gusi

Penyakit gusi, atau periodontitis, adalah kondisi infeksi dan radang pada gusi di sekitar gigi. Jika tidak diobati, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan gigi. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung 195 mg ekstrak manggis dan propolis dapat membantu memperbaiki tingkat keparahan periodontitis dini. Penelitian lain juga menemukan bahwa penggunaan gel topikal yang mengandung 4% ekstrak manggis secara langsung ke kantong gusi dapat mengurangi plak dan perdarahan yang biasanya terkait dengan periodontitis. Secara keseluruhan, suplemen oral dan gel topikal yang mengandung manggis bisa membantu meningkatkan kesehatan gusi dengan efek antibakteri, antimikroba, dan anti-inflamasi yang dimilikinya.

BACA JUGA:Apology by Alesana! Batal Manggung di Hammersonic 2024. Kenapa Ya?

3. Baik untuk Pencernaan

Buah manggis mengandung serat yang penting untuk kesehatan pencernaan. Konsumsi buah ini dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan meningkatkan keteraturan usus akibat diet tinggi serat.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kandungan Xanthone dalam buah manggis tidak hanya bermanfaat sebagai anti-kanker, tetapi juga diyakini dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi 400 mg ekstrak manggis setiap hari dapat menurunkan resistensi insulin secara signifikan, yang merupakan salah satu faktor utama penyebab diabetes.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya