7 Bahan Alami yang Efektif Mengobati Radang Tenggorokan

7 Bahan Alami yang Efektif Mengobati Radang Tenggorokan

7 Bahan Alami Yang Efektif Mengobati Radang Tenggorokan-@halodoc-Instagram

3. Berkumur Dengan Larutan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung senyawa antimikroba yang bisa membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan di tenggorokan.

Penggunaan cuka sari apel sebagai obat radang tenggorokan cukup sederhana, kamu hanya perlu melarutkan 1 hingga 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air, lalu kamu bisa berkumur dengan larutan ini.

Untuk merasakan manfaat yang optimal, disarankan untuk berkumur dengan larutan cuka sari apel setiap 3 hingga 4 jam sekali.

BACA JUGA:6 Film Terbaik Tentang Kesendirian yang Mungkin Relate dengan Keadaanmu Saat Ini

4. Berkumur Dengan Larutan Akar Manis

Studi terbaru mengindikasikan bahwa mencampur akar manis (licorice) dengan air untuk membuat larutan berkumur bisa memberikan efek yang signifikan dalam meredakan radang tenggorokan.

Metode ini dianggap efektif karena sifat anti-inflamasi dan antimikroba dari akar manis yang membantu meredakan iritasi di tenggorokan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa pengobatan dengan akar manis tidak dianjurkan bagi wanita hamil dan menyusui karena bisa berpotensi menimbulkan risiko bagi ibu dan bayi.

BACA JUGA:6 Larangan Primbon Jawa Khusus Buat Para Pedagang, Supaya Tetap Laris Manis!

5. Mengunyah Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa aktif bernama alicin, yang terkenal karena kemampuannya dalam melawan berbagai jenis infeksi dan memiliki sifat antibakteri serta antivirus yang kuat.

Dalam sebuah studi ilmiah, disebutkan bahwa mengonsumsi bawang putih bisa membantu mencegah dan mengobati infeksi saluran pernapasan atas, seperti sakit tenggorokan.

Cara meredakan sakit tenggorokan dengan bawang putih adalah dengan mengunyah satu siung bawang putih, setelah itu sangat dianjurkan untuk menyikat gigi supaya menghilangkan aroma tajamnya.

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Gigi Berlubang, Hindari Nyeri dan Sakit Berlebih!

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya