7 Bahan Alami yang Efektif Mengobati Radang Tenggorokan

7 Bahan Alami yang Efektif Mengobati Radang Tenggorokan

7 Bahan Alami Yang Efektif Mengobati Radang Tenggorokan-@halodoc-Instagram

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Radang Tenggorokan adalah masalah kesehatan yang sering muncul saat pergantian musim atau saat daya tahan tubuh sedang menurun.

Meskipun radang tenggorokan adalah hal yang ringan dan wajar, namun seiring berjalannya waktu bisa saja menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas.

Namun jangan khawatir, ada beberapa bahan alami yang bisa membantu mengobati radang tenggorokan, simak informasinya berikut ini ya.

BACA JUGA:5 Tips Mengatur Uang Belanja Agar Tidak Cepat Habis Saat Masih di Awal Bulan

1. Berkumur Dengan Larutan Air Garam

Air garam memiliki sifat antiseptik yang mampu menghambat dan menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab radang tenggorokan.

Cara penggunaannya cukup sederhana, yaitu cukup larutkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan larutan ini untuk berkumur selama sekitar 30 detik, proses ini membantu membersihkan tenggorokan dari lendir dan bakteri.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, berkumurlah dengan air garam hangat ini sebanyak 3 hingga 4 kali sehari, lakukan terus secara rutin sampai radang tenggorokan berkurang dan gejalanya mereda.

BACA JUGA:Disnaker Kota Bandung Bakal Gelar Job Fair 2024, Ada Ribuan Lowongan Kerja dari 40 Perusahaan!

2. Minum Air Rebusan Jahe

Jahe merupakan bahan alami berikutnya yang bisa digunakan sebagai obat radang tenggorokan, karena jahe memiliki sifat antimikroba yang efektif melawan infeksi, sehingga membantu meredakan radang tenggorokan.

jahe mengandung senyawa gingerol dan shogaol yang dikenal memiliki efek antiradang dan berperan mengurangi peradangan di tenggorokan, sehingga memberikan rasa lega dan mengurangi rasa sakit.

Untuk mendapatkan manfaat jahe dalam meredakan radang tenggorokan, kamu bisa mengonsumsi air rebusan jahe atau kamu bisa menambahkan jahe ke dalam teh atau makanan sehari-hari.

BACA JUGA:Promo Alfamart 'Carnaval Ice Cream', Ada Buy 1 Get 1 Cocok untuk Kamu Penikmat Es Krim!

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya