Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Membersihkan Usus yang Kotor

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Membersihkan Usus yang Kotor

4 Rekomendasi Makanan yang Mampu Menurunkan Kolestrol-foto-Istimewa

3. Beras Merah

Serat dalam beras merah membantu meningkatkan pencernaan dengan memperlancar gerakan usus, ketika serat ini mencapai usus besar, ia menyerap air dan membentuk massa yang lunak, sehingga membantu proses buang air besar yang lancar dan teratur.

Beras merah bisa membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang tidak dicerna dengan baik di dalam usus dan mengurangi potensi pembentukan gas serta meminimalkan rasa tidak nyaman yang terkait dengan gangguan pencernaan.

Tidak hanya itu, kandungan serat yang melimpah dalam beras merah juga mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus yang penting untuk menjaga keseimbangan mikrobiota usus yang sehat, yang berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh dan penyerapan nutrisi yang baik.

BACA JUGA:4 Cara Meredakan Sakit Haid, Wanita Merapat Yuk!

4. Yogurt Probiotik

Yogurt yang mengandung probiotik seperti Lactobacillus dan Bifidobacterium memiliki manfaat besar bagi kesehatan usus.

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang bisa memberikan dampak positif bagi keseimbangan bakteri dalam sistem pencernaan manusia.

Ketika dikonsumsi secara teratur, probiotik bisa membantu meningkatkan pencernaan dengan meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus, sehingga bisa membantu dalam proses pencernaan makanan, serta bisa mengurangi risiko peradangan dan masalah pencernaan lainnya.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Aquarius Terbaru Hari Ini, 22 Juni 2024: Keuangan Tumpul?

5. Buah-buahan Beri

Buah-buahan seperti blueberry, raspberry dan strawberry memiliki kandungan serat yang tinggi serta antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan usus.

Serat adalah komponen penting dalam menjaga kesehatan pencernaan dengan cara mengatur pergerakan usus dan membantu pencernaan yang lebih lancar.

Antioksidan yang terdapat dalam buah-buahan ini juga berperan dalam melindungi sel-sel usus dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan membantu mempertahankan fungsi optimal dari lapisan usus.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya