Haid Tidak Teratur? Berikut 5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Siklus Menstruasi Berantakan

Haid Tidak Teratur? Berikut 5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Siklus Menstruasi Berantakan

Haid Tidak Teratur? Berikut 5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Siklus Menstruasi Berantakan-KamranAydinov-freepik

Makanan selanjutnya yang dapat mengatasi kondisi menstruasi yang tidak sehat adalah dengan mengonsumsi ikan laut. Ikan laut bisa menyesuaikan dengan area tempat tinggal kalian, diantaranya adalah ikan bawal, ikan baronang, ikan kerapu, ikan kakap merah dan putih, cakalang, sukang, ikan kembung, dll.

Ikan laut tersebut mengandung omega 3 yang tinggi. Omega 3 spesifik bisa didapatkan banyak pada ikan laut terutama adalah golongan EPA, dan DHA yang keduanya memiliki sifat antiinflamatori.

BACA JUGA:Mendeteksi Gejala Demensia Lewat Pergerakan Saat Naik dan Turun Tangga

3. Alpukat

Jenis makanan selanjutnya yang dapat mengatasi permasalahan menstruasi yang tidak teratur adalah alpukat. Alpukat memiliki kandungan Oleic acid, yaitu lemak tak jenuh tunggal yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin.

4. Inositol

Selain itu, inositol juga dapat bermanfaat untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Inositol merupakan golongan vitamin BE, salah satu vitamin B.

Ada dua jenis inositol, diantaranya yaitu myo dan D-chiro. Jika kita ingin mendapatkan keduanya, maka perbandingan myo lebih banyak daripada D-chiro.

5. Adaptogens

Terakhir adalah adaptogens. Adaptogens merupakan suatu golongan herbal yang bisa membantu tubuh kita untuk beradaptasi lebih baik yang dapat menyeimbangkan kembali ketidakseimbangan yang terjadi.

BACA JUGA:Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Membersihkan Usus yang Kotor

Adaptogens diantaranya adalah ashwagandha, rhodiola rosea, holy basil, maca root, licorice root. Jika kamu tidak bisa mendapatkannya dalam bentuk fresh, kamu juga bisa mencari suplemen yang mengandung bahan-bahan tersebut.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kamu mendapatkan suplemen dari sumber yang jelas dan terpercaya. Selain itu, perhatikan juga bahwa suplemen tersebut telah lulus BPOM.

Dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut, Anda dapat membantu mengatur siklus haid dan mengurangi gejala haid tidak teratur. 

Jika haid tidak teratur terus berlanjut atau disertai dengan gejala yang mengganggu, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya