Irfan Hakim Ingatkan Saaih Halilintar Soal Melepas Burung Love Bird, Jangan Sembarangan!

Irfan Hakim Ingatkan Saaih Halilintar Soal Melepas Burung Love Bird, Jangan Sembarangan!

Irfan Hakim Sentil Saaih Halilintar Soal Burung Love Bird-@irfanhakim75-Instagram

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Presenter Irfan Hakim mengingatkan kreator konten Saaih Halilintar setelah video tentang melepaskan burung love bird menjadi viral.

Irfan Hakim, yang dikenal sebagai penghobi burung dan memiliki aviary di rumahnya, mengekspresikan ketidaksenangan atas tindakan Saaih meskipun memang niatnya baik.

"Niat dari Saaih sangat mulia, ingin membuat burung terbang bebas seperti seharusnya," kata Irfan Hakim dalam wawancara dengan FYP Trans7.

"Namun, yang dilepaskan adalah jenis burung seperti lovebird," tuturnya menambahkan.

BACA JUGA:Link Streaming Tensei Shitara Slime Datta Ken Season 3 Subtitle Indonesia, Ada Episode Terbarunya!

Menurut Irfan, setiap jenis burung memiliki habitat asalnya masing-masing, sehingga tidak sembarangan melepaskan mereka ke alam liar.

"Love bird berasal dari benua Afrika, khususnya di Madagaskar," jelas Irfan.

"Tidak bisa dibiarkan lepas begitu saja karena dapat mengganggu ekosistem yang ada. Mereka bisa bersaing dengan burung lokal untuk sumber daya makanan, atau bahkan membahayakan spesies lain," sambungnya.

Irfan Hakim kemudian memberikan contoh dengan menyebut beberapa jenis burung yang memang seharusnya dilepaskan di habitat aslinya.

BACA JUGA:Bergabunglah dengan Tim Rans Food di Juli 2024, Begini Syarat Melamarnya

"Seperti burung Cendrawasih, harus dilepaskan di Papua, atau Jalak Bali di Bali. Tidak boleh melepas Jalak Bali di Jawa, itu akan merusak keseimbangan ekosistem," papar Irfan.

Saaih kemudian menjawab penjelasan dari Irfan, dengan mengatakan bahwa dia melepaskan burung tersebut karena penjualnya mengatakan bahwa tidak masalah melepaskan burung di alam liar.

"Saya sebenarnya tidak tahu, saya hanya bertanya pada penjual apakah aman dilepaskan atau tidak. Jawabannya adalah aman jika ingin melepaskan," ujar Saaih.

"Bagi penjual, yang penting adalah berhasil menjual," jelas Irfan.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya