Tiongkok Lancarkan Serangan Rudal Tiruan ke Taiwan?

Sabtu 25-05-2024,05:00 WIB
Reporter : Ade Nugroho
Editor : Priya Satrio

BACA JUGA:Viral! Diduga Langgar Golden Rules di JKT48, Jeane Dikeluarkan dari Grup

Media Taiwan tidak hanya meliput latihan tersebut, namun juga memberikan banyak waktu untuk drama yang sedang berlangsung mengenai sengketa reformasi parlemen yang telah menyebabkan ribuan orang turun ke jalan untuk melakukan protes.

Di situs media sosial Weibo yang memiliki regulasi ketat di Tiongkok, "Teater Timur" adalah item yang paling banyak dicari, dengan sebagian besar komentar mendukung latihan tersebut. Topik hangat lainnya adalah “kembalinya Taiwan”.

Pemerintah Republik Tiongkok yang kalah melarikan diri ke Taiwan pada tahun 1949 setelah kalah perang saudara melawan komunis Mao Zedong, yang mendirikan Republik Rakyat Tiongkok.

Republik Tiongkok tetap menjadi nama resmi Taiwan, meskipun hanya 12 negara yang secara resmi mengakuinya secara diplomatis, sebagian besar adalah negara-negara kecil berkembang seperti Palau dan Guatemala.

Para analis, diplomat regional, dan pejabat senior Taiwan mencatat bahwa skala latihan tersebut sejauh ini lebih kecil dibandingkan latihan serupa pada tahun 2022 dan telah diantisipasi secara luas oleh pejabat Taiwan dan asing, namun latihan tersebut masih meningkatkan risiko kecelakaan atau kesalahan perhitungan.

Kategori :

Terpopuler