6 Cara Melakukan Diet Karbo untuk Pemula, Ikuti Biar Tidak Salah Langkah

Rabu 12-06-2024,18:00 WIB
Reporter : Restu Herlambang
Editor : Priya Satrio

Buah dan sayuran utuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, misalnya kandungan serat, air, dan curah pada buah dan sayuran utuh bisa membantu meningkatkan rasa kenyang.

Dengan begitu, kamu bisa merasa kenyang dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori, yang berdampak positif pada pengendalian berat badan dan kesehatan secara keseluruhan.

Disarankan juga untuk memilih sayuran yang tumbuh di atas permukaan tanah, seperti brokoli, bayam dan selada, yang umumnya mengandung karbohidrat lebih rendah.

BACA JUGA:5 Cushion Terbaik yang Tidak Oksidasi Agar Wajah Anti Kusam

4. Batasi Konsumsi Gula

Gula, sebagai bentuk paling sederhana dari karbohidrat, cepat diserap oleh tubuh dan bisa menyebabkan lonjakan drastis pada kadar gula darah dan berpotensi meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, termasuk resistensi insulin.

Menghindari makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi, seperti soda, permen dan kue, merupakan salah satu cara efektif untuk menjaga stabilitas kadar gula darah.

Makanan dan minuman tersebut tidak hanya mengandung karbohidrat sederhana yang cepat diserap, tapi juga sering kali mengandung kalori kosong yang tidak memberikan manfaat nutrisi signifikan bagi tubuh.

BACA JUGA:Air New Zealand Buka Jalur Penerbangan Sepanjang Tahun dari Denpasar ke Auckland

5. Tambahkan Protein dan Lemak Sehat Dalam Makanan

Menambahkan sumber protein dan lemak sehat ke dalam pola makan bisa berkontribusi pada pengurangan keinginan untuk mengonsumsi karbohidrat.

Sumber protein, seperti daging, ikan, telur dan produk susu, berperan penting dalam proses pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh serta memperpanjang rasa kenyang.

Lemak sehat yang terdapat dalam alpukat, kacang-kacangan dan minyak zaitun, tidak hanya berfungsi sebagai sumber energi yang efisien, tapi juga mendukung fungsi otak, menjaga kesehatan jantung dan menyerap vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E dan K.

BACA JUGA:Cek 6 Cara Konsumsi Kunyit untuk Mengatasi Masalah Perut Buncit

6. Pantau Seberapa Banyak Asupan Karbohidrat yang Dikonsumsi

Mengawasi konsumsi karbohidrat harian sangat penting untuk memastikan keberhasilan diet rendah karbohidrat.

Kategori :

Terpopuler