5 Cara Diet Sehat yang Bisa Kamu Contoh

5 Cara Diet Sehat yang Bisa Kamu Contoh

5 Cara Diet Sehat yang Bisa Kamu Contoh-@halodoc-Instagram

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Ada 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk kamu yang ingin menjalankan pola diet demi kesehatan tubuh.

Diet merupakan suatu cara yang banyak digunakan orang demi bisa memiliki berat badan yang ideal.

Adapun 5 cara diet yang bisa kamu jalani yaitu :

BACA JUGA:Promo JSM Alfamart Spesial Idul Adha 2024: Cek Katalog Diskon Periode 14-17 Juni 2024!

1. Menghitung Berat Badan Ideal Dengan BMI (Body Mass Index)

Hal paling mendasar yang harus kamu lakukan sebelum memulai diet adalah mengetahui kategori diri kamu termasuk dalam berat badan ideal atau tidak karena nantinya dapat membantu kamu dalam menurunkan berat badan.

Cara untuk mengetahui apakah kamu memiliki berat badan ideal, bisa kamu hitung sendiri dirumah.

Rumus BMI yang paling sering dipakai di Indonesia adalah Berat badan (kg) : tinggi badan (m)kuadrat. Setelah itu kita bisa mengetahui kategori standar berat badan ideal dari hasil penghitungan tersebut.

BACA JUGA:Bersiaplah! 6 Shio Ini Akan Meraih Impian di Akhir Bulan Juni 2024

Kategori standar berat badan ideal bisa kamu ketahui dengan ketentuan berikut; kurang dari 18,5 artinya berat badan kurang, antara 18,5-24,5 artinya normal, antara 25-29,9 artinya berlebih (overwight) dan lebih dari 30 berarti obesitas.

2. Menerapkan Defisit Kalori

Sejatinya defisit kalori adalah salah satu cara menurunkan berat badan dengan mengurangi konsumsi kalori harian kamu, supaya tubuh punya lebih banyak waktu untuk membakar cadangan lemak yang tidak terpakai.

Jika biasanya kamu mengkonsumsi makanan dengan porsi kalori yang banyak, mulai saat ini kurangilah porsinya. Mengurangi ya bukan meniadakan porsinya. Karena tubuh kita tetap memerlukan asupan kalori untuk dicerna.

Makanan yang bisa kamu konsumsi saat menerapkan defisit kalori adalah sayur, tempe, tahu, ikan, dan ayam bagian dada. Hindari makanan berkalori tinggi seperti gorengan dan jeroan.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya