Asam Urat Ganggu Aktivitas? Segera Konsumsi Jenis Buah-buahan Ini Yuk

Asam Urat Ganggu Aktivitas? Segera Konsumsi Jenis Buah-buahan Ini Yuk

Foto: Ilustrasi by Pexels-Any Lane-pexels

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Asam urat adalah kondisi medis yang terjadi ketika kadar Asam urat dalam tubuh meningkat dan tidak dapat mengeluarkannya dengan efisien melalui ginjal.

Kondisi ini bisa menyebabkan rasa nyeri pada sendi hingga pembengkakan dan meningkatkan risiko penyakit jantung serta penyakit metabolik lainnya.

Untuk mengatasi penyakit asam urat, sangat penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan mengonsumsi makanan yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

BACA JUGA:Cemilan Sehat yang Bikin Ketagihan: Intip Resep Peanut Butter Oat Cookies yang Enak dan Bergizi!

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko terkena asam urat adalah dengan menghindari makanan yang tinggi akan purin. Purin adalah senyawa yang dapat diubah menjadi asam urat dalam tubuh.

Beberapa makanan yang kaya purin antara lain daging merah, hati, ikan sarden, kerang, dan alkohol. Mengurangi konsumsi makanan ini dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Selain menghindari makanan tinggi purin, ada beberapa jenis buah yang dapat membantu menurunkan asam urat.

Dilansir dari Kanal Youtube Hydrofarm TV Indo, berikut adalah beberapa jenis buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat.

BACA JUGA:Cara Tetap Semangat di Awal Pekan! Inilah 5 Tips Ampuh Tingkatkan Produktivitas di Hari Senin

1. Buah Apel

Buah apel memiliki banyak manfaat untuk tubuh, diantaranya yaitu menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung. Selain itu, apel juga mampu menetralisasikan purin di dalam tubuh yang menjadi penyebab asam urat.

2. Buah Pisang

Buah pisang menjadi salah satu makanan yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat tinggi pada tubuh.

Kandungan potasium, purin yang rendah dan mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga mampu mengontrol tekanan darah, memperbaiki jantung, memperbaiki pencernaan dan mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya