Harga Konsumen Tiongkok Naik Lagi, Tanda-tanda Pemulihan Permintaan?

Harga Konsumen Tiongkok Naik Lagi, Tanda-tanda Pemulihan Permintaan?

Harga konsumen Tiongkok kembali Naik untuk bulan ketiga, Apakah Menandakan Pemulihan Permintaan?-frimufilms-freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID Harga konsumen Tiongkok naik selama tiga bulan berturut-turut pada bulan April, sementara harga produsen terus mengalami penurunan, menandakan perbaikan dalam permintaan domestik, seiring Beijing menghadapi tantangan dalam upayanya untuk menopang perekonomian yang sedang goyah.

Angka-angka yang diawasi dengan ketat ini mengikuti data impor yang lebih baik dari perkiraan pada bulan April, yang menunjukkan serangkaian langkah-langkah dukungan kebijakan selama beberapa bulan terakhir mungkin membantu kepercayaan konsumen.

Harga konsumen naik tipis 0,3% di bulan April dari tahun sebelumnya, data dari Biro Statistik Nasional menunjukkan pada hari Sabtu, dibandingkan kenaikan 0,1% di bulan Maret dan perkiraan jajak pendapat Reuters untuk kenaikan 0,2%.

BACA JUGA:Promo Kereta Cepat Whoosh: Gratis Boarding Pass dan Diskon ke Berbagai Tempat Wisata di Bandung

“Hilangkan harga pangan dan energi, dan data inflasi konsumen menunjukkan kembalinya permintaan, terutama di bidang jasa,” kata Xu Tianchen, ekonom senior di Economist Intelligence Unit.

Inflasi inti, tidak termasuk harga makanan dan bahan bakar yang mudah berubah, tumbuh 0,7% di bulan April, naik dari 0,6% di bulan Maret.

Secara keseluruhan indeks harga konsumen (CPI) naik 0,1% dari bulan sebelumnya, mengalahkan perkiraan penurunan sebesar 0,1% dalam jajak pendapat dan membalikkan penurunan sebesar 1% pada bulan Maret.

Namun, sebagian besar pengamat Tiongkok mengatakan pekerjaan di Beijing masih terhenti, dan momentum ini mungkin tidak akan berkelanjutan, karena survei resmi menunjukkan berkurangnya aktivitas pabrik dan jasa, sementara krisis perumahan yang berkepanjangan tidak menunjukkan tanda-tanda mereda, sehingga meningkatkan kebutuhan akan dukungan kebijakan yang lebih besar.

BACA JUGA:Enak! Resep Memasak Tumis Buncis Bawang Putih Ala Chef Devina Hermawan, Simpel Aja


Harga konsumen Tiongkok kembali Naik untuk bulan ketiga, Apakah Menandakan Pemulihan Permintaan?-jcomp-freepik

“Kenaikan harga oleh perusahaan utilitas merupakan pendorong potensial lainnya,” tambah Xu.

“Ketegangan fiskal yang dihadapi beberapa pemerintah daerah berdampak pada subsidi yang mereka terima, yang mungkin memaksa mereka untuk membebankan biaya tambahan kepada rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan.”

Para pejabat sedang bergulat dengan utang daerah sebesar $13 triliun, dan Dewan Negara, atau kabinet, telah meminta pemerintah daerah yang memiliki banyak utang untuk menunda atau menghentikan beberapa proyek infrastruktur yang didanai negara.

“Data harga menunjukkan bahwa permintaan domestik mulai pulih, pasokan dan permintaan terus meningkat, dan prospek permintaan domestik serta pemulihan harga optimis,” kata Zhou Maohua, peneliti makroekonomi di China Everbright Bank.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya