Harga Konsumen Tiongkok Naik Lagi, Tanda-tanda Pemulihan Permintaan?

Harga Konsumen Tiongkok Naik Lagi, Tanda-tanda Pemulihan Permintaan?

Harga konsumen Tiongkok kembali Naik untuk bulan ketiga, Apakah Menandakan Pemulihan Permintaan?-frimufilms-freepik

BACA JUGA:Hari Ini Ttes Wawancaraa Calon Anggota PPK Pilkada 2024, Intip Bocoran Soal-soalnya

“Namun, harga konsumen masih rendah dan sektor industri manufaktur masih berada di bawah tekanan, mencerminkan kurangnya permintaan efektif dan pemulihan di sektor ini masih belum cukup seimbang.”

Indeks harga produsen (PPI) turun 2,5% di bulan April dibandingkan tahun sebelumnya, turun dari penurunan sebesar 2,8% di bulan sebelumnya namun memperpanjang penurunan selama 1-1/2 tahun.

Pada hari Jumat, bank sentral Tiongkok mengatakan akan membuat kebijakan moneter yang fleksibel, tepat dan efektif serta mendorong pemulihan moderat pada harga konsumen untuk mengkonsolidasikan pemulihan ekonomi.

Komentar-komentar dalam laporan kebijakan moneter triwulanan ini mengikuti pernyataan Politbiro pada bulan April, sebuah badan pengambil keputusan utama dari Partai Komunis yang berkuasa, bahwa Tiongkok akan menggunakan alat-alat kebijakan, seperti rasio persyaratan cadangan bank (RRR) dan suku bunga, untuk menopang pertumbuhan.

"Mempertimbangkan penilaian pertemuan Politbiro bahwa 'permintaan efektif masih belum mencukupi '', dukungan kebijakan harus memanfaatkan momentum ini, dengan memperkuat manajemen ekspektasi dan menciptakan lebih banyak skenario konsumsi," kata Bruce Pang, kepala ekonom Tiongkok di Jones Lang LaSalle.

Banyak analis mengatakan target pertumbuhan ekonomi Tiongkok sekitar 5% pada tahun 2024 akan menjadi tantangan untuk dicapai tanpa dukungan kebijakan lebih lanjut.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya