Yordania Sukses Gagalkan Dugaan Rencana Penyelundupan Senjata ke Kerajaan Sekutu AS

Yordania Sukses Gagalkan Dugaan Rencana Penyelundupan Senjata ke Kerajaan Sekutu AS

Yordania Menggagalkan Dugaan Rencana Penyelundupan Senjata ke Kerajaan Sekutu AS-fxquadro -freepik

Namun, beberapa senjata – termasuk yang disita pada bulan Maret – dimaksudkan untuk digunakan di Yordania oleh sel Ikhwanul Muslimin yang bersekutu dengan militan Hamas, kata mereka.

“Mereka menyembunyikan senjata-senjata ini di lubang yang disebut titik mati, mereka mengambil lokasinya melalui GPS dan memotret lokasinya dan kemudian menginstruksikan orang-orang untuk mengambilnya dari sana,” kata salah satu sumber, seorang pejabat yang memiliki pengetahuan tentang masalah keamanan, mengacu pada modusnya.

operandi para penyelundup.

Ikhwanul Muslimin adalah gerakan Islam transnasional, di mana Hamas merupakan cabangnya yang didirikan pada tahun 1980an.

BACA JUGA:Hari Ini Sandra Dewi Kembali Diperiksa Terkait Kasus Korupsi Timah

Gerakan tersebut mengatakan bahwa mereka tidak menganjurkan kekerasan, dan Ikhwanul Yordania telah beroperasi secara legal di kerajaan tersebut selama beberapa dekade.

Pihak berwenang Yordania yakin Iran dan kelompok sekutunya seperti Hamas dan Hizbullah Lebanon sedang berusaha merekrut anggota muda Ikhwanul Muslimin yang radikal untuk melakukan gerakan anti-Israel dan anti-AS dalam upaya memperluas jaringan kekuatan regional Teheran, menurut kedua sumber tersebut.

Seorang perwakilan senior Ikhwanul Muslimin di Yordania mengkonfirmasi bahwa beberapa anggotanya ditangkap pada bulan Maret karena memiliki senjata, namun mengatakan bahwa apa pun yang mereka lakukan tidak disetujui oleh kelompok tersebut dan ia mencurigai mereka menyelundupkan senjata ke Tepi Barat daripada merencanakan tindakan di Yordania. .

“Ada dialog antara Ikhwanul Muslimin dan pihak berwenang. Mereka tahu jika ada kesalahan, itu bukan MB, hanya individu dan bukan kebijakan MB,” kata perwakilan tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena sensitifnya masalah tersebut.

BACA JUGA:Luar Biasa! Bawang Putih Bisa Turunkan Kadar Kolestrol Dalam Tubuh, Begini Cara Konsumsinya

Tokoh senior lain di Ikhwanul Muslimin, yang juga meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan kepada Reuters bahwa anggota sel yang ditangkap telah direkrut oleh pemimpin Hamas Saleh al-Arouri , yang mendalangi operasi kelompok Palestina di Tepi Barat dari pengasingan di Lebanon.

Arouri terbunuh oleh serangan pesawat tak berawak di Beirut pada bulan Januari dalam serangan yang secara luas dikaitkan dengan Israel.

Juru bicara pemerintah Yordania dan Departemen Pertahanan AS menolak memberikan komentar mengenai artikel ini, sementara kementerian luar negeri Iran tidak dapat dihubungi.

Pejabat Israel dari kantor perdana menteri dan kementerian luar negeri tidak segera menanggapi permintaan komentar.

BACA JUGA:Suka Ngemil Tapi Takut Sakit Jantung? Tenang, Ini 7 Makanan Ringan yang Aman dari Penyakit

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya