Cobalah untuk Mengenali dan Berdamai dengan Inner Child, Begini Caranya

Kamis 06-06-2024,15:00 WIB
Reporter : Alviana Anugrahani Putri
Editor : Priya Satrio

Meditasi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, termasuk yang berhubungan langsung dengan inner child. 

Meditasi meningkatkan kesadaran diri, mengajarkanmu untuk lebih memperhatikan perasaan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari, dan membantu kamu lebih nyaman dengan emosi yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Sagittarius di Bulan Juni 2024: Siap-Siap Raih Pencapaian Karier!

Anak-anak sering kesulitan menyebutkan emosi yang tidak nyaman, terutama jika mereka tidak didukung untuk mengekspresikan diri. 

Mereka mungkin memendam atau mengubur perasaan tersebut untuk menghindari hukuman. 

Meditasi membantu kamu mengakui dan menerima perasaan apa pun yang muncul. Dengan terbiasa menerima emosi, kamu akan lebih mudah mengekspresikannya dengan sehat, sehingga inner child mendapat validasi bahwa tidak apa-apa untuk memiliki dan mengekspresikan emosi.

BACA JUGA:Momen Unik Sepasang Kekasih Pesan 2 Ojol Agar Bisa Boncengan Berdua!

3. Jadilah Terbuka

Penyembuhan tidak selalu memiliki akhir yang pasti dan sering kali merupakan perjalanan panjang yang perlu diterima. 

Kamu telah memulai prosesnya dengan menjangkau inner child, tetap selaras dengan hal itu dapat memberikan rasa diri yang lebih utuh, serta meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi. 

Perkuat koneksi dengan inner child dengan terus mendengarkan, menawarkan cinta dan kasih sayang, serta bekerja untuk menyembuhkan setiap luka yang ada.

BACA JUGA:Ternyata Duduk Bersila di Lantai Punya Khasiat Baik untuk Kesehatan, Begini Faktanya Kata Ahli

4. Menulis Jurnal

Jika kamu belum bisa menerima trauma dan rasa sakit masa lalu sepenuhnya, atau belum bisa menceritakannya kepada orang lain, cobalah menulis jurnal.

Menulis jurnal tidak hanya sebagai sarana untuk melepaskan emosi, tetapi juga sebagai cara untuk merefleksikan diri terhadap semua pengalaman yang telah berlalu, baik yang positif maupun negatif. 

Melalui proses ini, kamu dapat lebih mudah mengidentifikasi dan memisahkan hal-hal yang kurang tepat dan ingin diperbaiki, seperti perasaan, respons terhadap kondisi tertentu, atau sikap.

Kategori :

Terpopuler